Sinergi Politik: Kemitraan Zulhas-Jokowi, Kunci Penguatan Elektabilitas PAN Menjelang Pemilu

Partai Amanat Nasional (PAN) mempertahankan posisinya yang kuat dalam elektabilitas Pemilu 2024, menempati urutan keenam dari 18 partai politik, berdasarkan hasil survei terbaru dari Indonesia Political Opinion (IPO). Menurut Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, keberhasilan PAN dalam mempertahankan posisi ini sebagian besar disebabkan oleh kedekatan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dengan Presiden Joko Widodo.

Jan 11, 2024 - 11:31
 0  19
Sinergi Politik: Kemitraan Zulhas-Jokowi, Kunci Penguatan Elektabilitas PAN Menjelang Pemilu
Sumber Foto : https://static.republika.co.id/

"PAN menunjukkan posisi yang menarik dengan konsistensinya berada di urutan keenam. Beberapa partai politik lain mengalami penurunan signifikan, sementara PAN tetap stabil. Salah satu faktor yang mempengaruhi tren ini adalah kedekatan Zulhas dengan Presiden Jokowi," ungkap Dedi dalam keterangan tertulis pada Rabu, 10 Januari 2024.

Dedi menjelaskan bahwa dari perbandingan survei IPO antara 1-7 Januari 2024 dan 10-17 November 2023, beberapa partai politik mengalami penurunan elektabilitas yang cukup besar. Meskipun PAN juga mengalami penurunan dari 6,4 persen menjadi 6,1 persen, penurunannya tidak sebesar partai lain, yang menunjukkan kekuatan PAN dalam mempertahankan posisi di urutan tengah.

Sumber Foto : https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/

Keberhasilan PAN juga dikaitkan dengan kepiawaian Zulhas dalam memanfaatkan setiap momentum politik, termasuk iklan di media televisi. "Dengan popularitas yang diraih melalui iklan televisi, PAN berada di urutan kedua dengan poin 43,1 persen, menyaingi PDI Perjuangan dengan 51,1 persen, sementara Gerindra berada di urutan ketiga dengan poin 36,6 persen," tambahnya.

Survei nasional tersebut dilakukan pada 1-7 Januari 2024 dengan 1.200 responden, menggunakan metode wawancara tatap muka. Dengan tingkat kesalahan 2,5 persen dan tingkat akurasi data 95 persen, survei ini membuktikan kekuatan PAN dalam mempertahankan posisi strategisnya menjelang Pemilu 2024.

Sumber Foto : https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow