Seorang Guru Tertua Di Dunia

Seorang Guru Tertua Di Dunia

Profesi menjadi seorang guru selalu menjadi cita-cita kebanyakan anak kecil. Entah apa yang ada dalam pikiran mereka tentang seorang guru, mungkin karena jasanya yang sangat penting. Inilah 3 guru tertua di Dunia .

 

1. Albina Cruces Vazque

Gambar terkaitUsia lanjut tenyata bukan penghalang seseorang menghentikan pekerjaan yang dilakoninya sejak muda. Albina Cruces Vazquez, misalnya. Warga Meksiko ini tetap menunjukkan dedikasinya yang tinggi sebagai guru meski usianya telah mencapai 101 tahun. Sebab itu, baru-baru ini, perempuan ini dinobatkan sebagai guru tertua di dunia.


Cruces mulai mengajar sejak Revolusi Meksiko berakhir pada 1917. Ketika itu, ia baru berusia 15 tahun. Selama 86 tahun mengabdi sebagai tenaga pengajar, Cruces selalu berjalan kaki menuju sekolah, Eduardo Novoa Elementary School, Mexico City, tempatnya mengajar. Namun sakit pinggang yang kini dideritanya membuat ia agak kesulitan berjalan kaki menuju tempatnya bekerja yang berjarak lima blok dari rumahnya.


Sejauh ini, Cruces selalu tiba di sekolah pukul 07.25 waktu setempat. Ia kembali setelah kelas-kelas berakhir pada pukul 12.30. Dua pekan sekali, ia mengajar kelas agama untuk anak-anak. Setiap Sabtu, ia mengajar sekolah agama untuk orang dewasa.


Cruces mengatakan apa yang diajarkan kepada para muridnya adalah tentang pentingnya menjadi orang yang mandiri dan merdeka. Seorang murid perempuan mengaku alasannya mendaftar di sekolah Eduardo Novoa karena Cruces masih mengajar di sana.

2. Geoffrey Schneider

Geoffrey Schneider mengetahui banyak hal tentang bagaimana caranya untuk mengeluarkan potensi siswa. Rahasianya, menurut guru yang telah berusia 108 tahun pada bulan Desember, adalah apa yang dia sebut dengan " gunung kesabaran".


"Jika sesuatu yang buruk terjadi, jangan mulai berteriak. Hanya melanjutkan dengan tenang, dan hal akan menetap pada akhirnya," kata Pastor Schneider.
Ia telah mengajar di berbagai sekolah di di Sydney, Melbourne dan Perth, yang melahirkan banyak orang terkemuka di Australia seperti pengusaha, akademisi, bintang olahraga dan pembesar negara di Australia termasuk Menteri Tony Abbott.
Tidak seperti kebanyakan pekerja yang memikirkan rencana pensiu, Pastor Schneider kemarin mengisyaratkan tidak berniat mengakhiri 47 tahun masa jabatannya sebagai guru penuh waktu di Sekolah St Aloysius Sydney, di mana ia disebut-sebut sebagai guru tertua dunia oleh Guinness World Records.


3. Agnes Zhelesnik

Agnes Zhelesnik, yang akrab disapa "Nenek" oleh murid-murid dan rekan kerjanya, dianggap sebagai guru sekolah tertua di Amerika. Pada usia 102, ia masih bekerja mengajar anak prasekolah dan murid SD yang hampir penuh waktu, cara memasak dan menjahit.

Zhelesnik, yang telah menjadi pendidik di The Sundance School di North Plainfield, N.J., sejak berusia 81 tahun, mengatakan bahwa ia berencana untuk terus mengajar murid-muridnya selama mungkin. "Saya akan tinggal selama mungkin, membuat mereka sebahagia mungkin," akunya.

Banyak rekan kerja Zhelesnik terinspirasi oleh komitmennya terhadap pendidikan. "Ia adalah ikon di sekolah ini," kata Kepala Sekolah Benjamin Fox. "Selain fakta bahwa ia memberi makan semua orang dan membuat sekolah itu terasa indah, ia cukup membuat semua orang tersenyum, mereka selalu memeluknya, seperti keluarga dan ia adalah nenek keluarga kita."Ia juga berbicara tentang mengapa ia merasa keterampilan ekonomi di rumah sangat penting bagi anak-anak untuk belajar. "Ini adalah sesuatu yang akan mereka gunakan selama sisa hidup mereka," ungkapnya. "Mereka tidak akan memilikinya hanya untuk hari ini Anda akan terkejut bagaimana mereka akan mengingatnya saat mereka bertambah tua." 

Inilah profil guru tertua di Dunia versi utakatikotak. Waw salut sekali dengan loyalitasnya sebagai pengajar, dan tekadnya untuk terus menerus mengajari muridnya selama mungkin.

​​​​​​​