Rekor Belanja Konsumen di TikTok Mencapai Rp 155 Triliun, Dominasi di Aplikasi Non-game Semakin Tak Terbendung!

ByteDance's TikTok, platform berbagi video terkenal, mencetak sejarah dengan menjadi aplikasi non-game pertama yang mampu mengumpulkan total belanja konsumen sebesar 10 miliar dollar AS (setara Rp 155,5 triliun). Sebelumnya, rekor ini hanya dipegang oleh aplikasi game, seperti Candy Crush Saga. TikTok memasuki tahun 2023 dengan belanja konsumen lebih dari 6,2 miliar dollar AS dan berhasil menambahkannya sebesar 3,8 miliar dollar AS sepanjang tahun 2023, mencatat pertumbuhan impresif sebesar 61 persen dari awal tahun.

Jan 13, 2024 - 11:53
 0  31
Rekor Belanja Konsumen di TikTok Mencapai Rp 155 Triliun, Dominasi di Aplikasi Non-game Semakin Tak Terbendung!
Sumber Foto : https://media.hitekno.com

Menurut laporan Data.ai, kontribusi terbesar berasal dari pengguna AS dan China, yang masing-masing menyumbang sekitar 60 persen dari total belanja konsumen TikTok. Meskipun pasar seperti Arab Saudi, Jerman, Inggris, dan Jepang juga memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 13 persen.

Fenomena ini terutama didorong oleh pembelian koin di dalam aplikasi TikTok, yang digunakan sebagai mata uang virtual untuk membeli stiker. Pengguna dapat memberikan stiker ini sebagai tip kepada kreator favorit mereka, yang pada gilirannya dapat menguangkannya. Selain pembelian dalam aplikasi, TikTok juga menghasilkan pendapatan melalui iklan dan platform e-commerce TikTok Shop.

Sumber Foto : https://asset.kompas.com

Analisis Data.ai juga memperkirakan bahwa total belanja konsumen TikTok pada tahun 2024 akan melampaui 15 miliar dollar AS (sekitar Rp 233,3 triliun). Dengan pertumbuhan yang mengesankan ini, TikTok siap mengalahkan Candy Crush Saga dan menjadi aplikasi seluler dengan penghasilan tertinggi di dunia.

Selain pertumbuhan belanja konsumen, Data.ai juga memprediksi peningkatan waktu yang dihabiskan pengguna di TikTok sebesar 22 persen pada 2024, mencapai rata-rata 40 jam setiap bulan. TikTok terus mengukuhkan posisinya sebagai salah satu platform terkemuka di dunia, tidak hanya sebagai hiburan tetapi juga sebagai sumber pendapatan yang signifikan.

Sumber Foto : https://awsimages.detik.net.id

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow