PULAU WEH KOTA SABANG YANG MEMPUNYAI KEINDAHAN ALAMNYA DAN BERBATASAN DENGAN TIGA NEGARA LAINNYA

PULAU WEH KOTA SABANG YANG MEMPUNYAI KEINDAHAN ALAMNYA  DAN BERBATASAN DENGAN TIGA NEGARA LAINNYA

Sabang merupakan salah satu kota Madya di Aceh yang tidak Jauh dari Provinsi Nanggro Aceh Darulsalam/ Banda Aceh, Indonesia. Terletak di pualu weh dan mempunyai perbatasan langsung dengan 3 negara lainnya, Thailand, india, dan Malaysia, pulau ini adalah pulau yang dapat mempertemukan selat malaka dan samudera hindia.

 

 

Sabang adalah salah satu kota yang mempunyai keindahan pemandangan dan daya Tarik parawisata untuk berkunjung ke pulau ini, pulau weh adalah salah satu tempat wisata alam kebanggaan warga aceh dan seluruh warga Indonesia.

 

 

Pulau weh atau kota sabang ini sangatlah unik bagi tempat liburan karena banyak orang asing/turis, maupun orang asli Indonesia kepinggin menikmati keindahan pulau, pemandangan bawah lautnya dan sejuk alamnya.

 

 

Asal dari kata sabang berawal dari saban bahasa aceh yang disebut sama kekuasaan dari bagian apapun itu. Cerita ini dikaitkan karena dahulu kala banyak ya pendatang yang dari luar dan menetap di pulau tersebut untuk mencari nafkah dengan berkebun dan nelayan. Karena mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa.

 

 

pulau weh atau kota sabang bisa di bilang kota yang sangat aman lingkungan dan masyarakat sekitar pulau tersebut sangatlah ramah, terhadap orang pendatang dari dari dalam indonesia maupun orang asing lainnya. Potensi wisata baharinya mampu menggeliatkan usaha-usaha pariwisata seperti penginapan, ciri makanan khasnya, dan juga budayanya.

 

 

pada jaman dahulu kota sabang atau pulau weh digunakan untuk pusat jual beli hasil bumi karena mempunyai pelabuhan bebas untuk bersandarnya kapal-kapal pesiar yang dari negara tetangga. Anoi Itam dapat menjadi pilihan menikmati sanset yang sangat indah.

 

 

pulau weh atau kota sabang selain perbatasan terletaknya tunggu nol kilometer indonesia, tunggu tersebut banyak didatangi oleh pendatang dari dalam negeri maupun luar negeri, untuk berfoto ataupun membuat sertifikat bahwa buktik sudah menginjakan kaki di nol kilometer indonesia.


pulau weh mempunyai sebuah tempat wisata yang unik yang di namakan goa sarang. Goa sarang ini mempunyai keindahan yang sangat luar biasa dengan air yang jernih hingga terlihat sampai kedasar laut sehingga menggoda pengunjung untuk menikmati keindahan ya dengan berenang lansung ke dalamnya.  Sebelum ke goa sarang kita harus melewati anak tangga lebih dari 150 anak tangga, namun akan terbayarkan dengan keindahan yang dimiliki goa sarang yang sangat indah ini.

 

 

Selain goa sara sabang juga mempuyai tempat wisata indah di bawah laut yang Namanya pulau rubiah tetapi pulau ini sudah mulai sedikit hancur karena terkena ya ombak tsunami pada tahun 2004, tetapi pulau ini masih tidak kalah ya dengan pulau-pulau lain dengan keindahan dasar lautnya.

 

 

Pulau rubiah sering juga di bilang pulau kerjaaan/haji yang mempunyai keindahan bawah lautnya. Sangat di sayangkan apabila sudah ke pulau weh/ kota sabang tidak singgah ke pulau rubiah yang mempunyai keindahan dan keunikan pemandangan di bawah lautnya sehingga pualu ini di namakan pulau raja/ pulau haji.

 

 

Dari sini kita tahu bahwa betul Indonesia itu mempunyai bejajar pulau-pulau yang indah dan memiliki kelebihan potensi yang tinggi, yang mampu membuat rasa puas mata, hati dan pikiran orang yang mengujungi pulau ini. Dari maka itu kita harus menjaga pulau-pulau kita yang sudah di tinggalkan dari leluhur atau nenek moyang kita jaman dahulu dan lebih baiknya kita melestarikanya lebih maju lagi sehingga tindak ketinggal jaman dengan tempat wisata yang diluar sana.