Profil Eksklusif Jenderal Besar Bintang Lima Indonesia: Siapa Mereka ?

Jenderal Bintang Lima merupakan pangkat tertinggi dalam kemiliteran Indonesia, dan hanya ada tiga perwira tinggi TNI yang pernah menyandang pangkat ini. Sejarah mereka mencerminkan dedikasi dan jasa mereka terhadap negara. Inilah profil singkat ketiganya

Oct 23, 2023 - 13:19
Oct 23, 2023 - 13:24
 0  31
Profil Eksklusif Jenderal Besar Bintang Lima Indonesia: Siapa Mereka ?

Jenderal Bintang Lima merupakan pangkat tertinggi dalam kemiliteran Indonesia, dan hanya ada tiga perwira tinggi TNI yang pernah menyandang pangkat ini. Sejarah mereka mencerminkan dedikasi dan jasa mereka terhadap negara. Inilah profil singkat ketiganya:

  1. Jenderal Sudirman

    • Nama Lengkap: Raden Soedirman
    • Tempat Tanggal Lahir: Purbalingga, 24 Januari 1916 - Wafat: 29 Januari 1950

    Jenderal Sudirman adalah Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat (TKR)/Tentara Nasional Indonesia (TNI) pertama dan termuda. Ia mendapatkan pangkat Jenderal Bintang Lima pada usia 31 tahun. Salah satu momen terkenal adalah ketika ia memimpin perang gerilya melawan Belanda dalam kondisi sakit berat karena TBC.

  2. Jenderal Abdul Haris Nasution

    • Nama: Abdul Haris Nasution
    • Tempat Tanggal Lahir: Kotanopan, 3 Desember 1918 - Wafat: 6 September 2000

    Jenderal Abdul Haris Nasution adalah seorang perwira yang memegang berbagai peran penting dalam sejarah Indonesia. Ia memimpin pasukan Siliwangi dalam perang gerilya melawan Belanda pada masa Agresi Militer I. Selain itu, ia juga merupakan salah satu sasaran pasukan Cakrabirawa dalam peristiwa G30S PKI.

  3. Jenderal Soeharto

    • Nama: Soeharto
    • Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 8 Juni 1921 - Wafat: 27 Januari 2008

    Soeharto adalah presiden Indonesia dengan masa pemerintahan terlama, selama 32 tahun. Selama masa jabatannya, Indonesia mengalami perkembangan signifikan, tetapi juga terjadi krisis ekonomi pada tahun 1998, yang menyebabkan demonstrasi besar-besaran dan akhirnya pengunduran dirinya pada 21 Mei 1998.

Mereka bertiga meraih pangkat Jenderal Besar Bintang Lima karena prestasi dan kontribusi luar biasa mereka dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia serta kepemimpinan mereka dalam situasi perang dan pembangunan. Pangkat ini merupakan pengakuan atas pengabdiannya terhadap negara.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow