Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga saat Tinjau Stabilitas Harga di Pasar Lacaria Kolut

May 14, 2024 - 22:52
 0  14
Presiden Jokowi Disambut Ribuan Warga saat Tinjau Stabilitas Harga di Pasar Lacaria Kolut

Kolaka Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut antusias ribuan warga saat mengunjungi Pasar Lacaria di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) pada Selasa (14/5/2024) siang. Kunjungan ini merupakan bagian dari agenda Presiden untuk memantau harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi terkejut dengan harga beras di Pasar Lacaria yang ternyata lebih murah dibandingkan dengan harga di Pulau Jawa. 

"Ya, saya lihat sangat baik terutama beras ya. Saya kaget beras lokal dijual Rp11 ribu untuk (kualitas) medium, untuk yang premium Rp13 ribu. Saya kira baik," ungkap Jokowi.

Presiden juga menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir mengenai stok beras. Cadangan beras di Bulog saat ini mencapai 1,8 juta ton, lebih tinggi dari biasanya yang hanya 1,2 juta ton. 

"Jadi untuk stok enggak ada masalah," tegasnya.

Selain beras, harga bahan pangan lain seperti bawang merah dan bawang putih di Pasar Lacaria juga relatif stabil dan lebih murah dibandingkan dengan harga di Pulau Jawa. Bawang merah dijual dengan harga Rp35 ribu per kilogram dan bawang putih Rp50 ribu per kilogram. 

"Ya, yang lain saya kira tadi bawang merah Rp35 ribu per kilogram, kemudian bawang putih Rp50 ribu. Saya kira masih baik, yang bawang merah malah lebih rendah dibanding di Jawa, jauh," ucapnya.

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, Presiden Jokowi tidak menyatakan kekhawatiran khusus mengenai potensi lonjakan harga, mengingat kondisi pasar yang stabil dari dua kunjungan terakhirnya. 

"Saya lihat sudah ke dua pasar harga-harga baik, terutama beras—yang saya agak khawatir kan beras—beras di sini malah baik karena memang produksi lokalnya juga melimpah, enggak ada masalah," ungkap Presiden.

Diakhir kunjungannya di pasar tersebut, Jokowi terlihat kembali menyapa warga yang telah menunggu dipintu keluar pasar. Ia juga sempat membagikan kaos dan menerima sejumlah warga yang ingin berfoto bersama.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow