PISD: Gangguan Stres Pasca Perselingkuhan yang Membayangi Korban, Mengungkap Trauma di Balik Viralnya Kasus Pilot dan Pramugari

Baru-baru ini, gempar sebuah kasus perselingkuhan antara seorang pilot dan pramugari di maskapai penerbangan Indonesia mengguncang dunia maya. Cerita ini mencuat setelah istri sah membeberkan bukti chat perselingkuhan pasangan tersebut ke media sosial.

Jan 9, 2024 - 00:33
 0  47
PISD: Gangguan Stres Pasca Perselingkuhan yang Membayangi Korban, Mengungkap Trauma di Balik Viralnya Kasus Pilot dan Pramugari
Sumber Foto : https://asset.kompas.com/

Saat bukti tersebar, sorotan publik langsung tertuju pada kedua pelaku perselingkuhan tersebut. Meski begitu, pertanyaan muncul: bagaimana dengan sang istri, yang juga merupakan korban dari perselingkuhan ini?

Korban perselingkuhan seringkali mengalami berbagai dampak negatif. Salah satu yang mungkin terjadi adalah Post Infidelity Stress Disorder (PISD) atau gangguan stres pasca perselingkuhan.

Sumber Foto : https://akcdn.detik.net.id/

Menurut Verywell Mind, korban perselingkuhan dapat mengalami trauma yang sulit untuk dilupakan dan beraktivitas normal. Istilah PISD pertama kali diperkenalkan pada 2005 oleh psikolog asal Michigan, AS, Dennis C. Ortman, melalui penelitiannya yang diterbitkan di Journal of Psychosocial Nursing and Mental Health Services.

Dalam penelitian tersebut, Ortman mencatat bahwa perempuan yang diselingkuhi seringkali mengalami kesulitan mengatasi pengkhianatan tersebut. Mereka mungkin tidak dapat berhenti memikirkannya, merasa marah, stres, depresi, dan bahkan mengalami mimpi buruk serta tangisan.

Sumber Foto : https://akcdn.detik.net.id/

PISD dapat menunjukkan gejala seperti merenung, trauma, mati rasa, menghindar, depresi, menarik diri, dan insomnia. Selain itu, korban perselingkuhan juga dapat mengalami kesulitan untuk mempercayai orang baru, karena terus membawa pikiran negatif dan kekhawatiran akan pengkhianatan.

"Seseorang yang mengalami perselingkuhan pasangannya mungkin akan memperburuk dan menguatkan keyakinan mereka tentang nilai diri dan cara orang lain memperlakukan mereka," ujar ahli psikologi Sabrina, menjelaskan dampak yang mungkin dialami oleh korban perselingkuhan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow