PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI INI SEMAKIN MENARIK PERHATIAN

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI INI SEMAKIN MENARIK PERHATIAN

Perkembangan zaman saat ini semenjak adanya covid-19 yang terjadi dari bulan Desember 2019 hampir semua kegiatan masyarakat dilakukan menggunakan teknologi, mulai dari absen kantor yang dilakukan secara digital, rapat melalui virtual bahkan ibadah pun juga harus melalui jaringan digital. Hal ini juga yang nantinya akan mendorong masyarakat untuk membuat teknologi-teknologi yang baru, sehingga dengan adanya covid 19 ada manfaatnya baik nilai positif bagi masyarakat Indonesia seperti contohnya memanfaatkan teknologi dalam suasana pandemic covid 19 yaitu dengan cara dapat menghemat system pengelolaan sumber daya yang efektif dan efesien dalam bidang ekonomi.

 

Dalam masa pandemic ini juga terdapat perkembangan teknologi Pendidikan yang menjadi factor penting dalam menyelesaikan masalah Pendidikan saat pandemi COVID-19. Teknologi Pendidikan dapat memberikan kemudahan informasi serta penyampaian materi sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan tidak menjadi kendala terkhusus pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dengan ciri khas, antusias, dan perkembangan yang cepat saat ini serta berkaitan dengan generasi muda/millenial di saat pandemi COVID-19 mengakibatkan teknologi Pendidikan merupakan solusiaktif yang tepat dan efisien yang dapat dimanfaatkan guna menunjang pembelajaran mandiri saat ini.

 

Berdasarkan sejarah perkembangannya, istilah teknologi pendidikan mulai digunakan sejak tahun 1963, dan secara resmi diikrarkan oleh Association of Educational and Communication Technology (AECT) sejak tahun 1977, walaupun ada kalanya terjadi overlapping penggunaan istilah tersebut dengan teknologi pembelajaran. Dan kini penggunaan teknologi Pendidikan saat belajar mandiri juga merupakan salah satu usaha dalam pengimplementasikan media pembelajaran terbaru berbasis teknologi yang beranekaragam serta menjadikan usaha promotive terhadap teknologi pendidikan. Teknologi Pendidikan juga akan sangat membantu dan mudah dipahami dalam kehidupan millennial sebagai media pembelajaran inovasi yang memudahkan mereka untuk mencari berbagai macam sumber pengetahuan dengan mudah dan dapat dilakukan saat kapanpun dan dimanapun. Hal ini menciptakan teknologi Pendidikan memberikan dampak yang sangat berguna dalam meningkatkan proses belajar mandiri serta menciptakan pemikiran open minded terhadap pendidikan yang saat ini hanya melalui belajar tatap muka atau secara langsung (offline).

 

Teknologi digital juga memberikan kemudahan untuk berbagi, mengolah, maupun menyimpan informasi. Dalam penerapannya, transformasi digital banyak yang gagal karena hanya melihat konektivitas dan aplikasi, tetapi tidak menyinggung proses bisnis.

Adapun dari segi pengembangan maupun pemanfaatan teknologi digital di masa pandemi akan menunjang operasional bisnis perusahaan sewa kendaraan. Hal itu juga diketahui oleh pelanggan untuk mempermudah dalam menggunakan jasa dan layanan serta lebih transparan. Seperti saat ini banyak perusahaan yang membuka lahan bisnis dalam pelayanan jasa transportasi yang terkemuka dengan fundamental yang kuat, serta mampu memberikan solusi yang inovatif dengan didukung oleh teknologi terkini dalam industri transportasi dalam bidang pelayanan masyarakat. Begitu juga guna mempererat hubungan tali silaturahmi antara penjual atau jasa pelayanan dengan para pelanggan sekaligus memberikan update seputar produk dan layanan terkini.

 

Pandemi Covid-19 juga membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal teknologi e-commerce semakin populer. Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung di dunia digital agar bisnis tetap bias berjalan walau di masa pandemi. Pemerintah memaksa masyarakat untuk mengetahui dan menggunakan teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

 

Dalam hal demikian sudah di Pandemi juga memaksa percepatan di sektor pendidikan. Pembelajaran sekolah jarak jauh ini memaksa anak-anak dengan dibantu dengan orang tua untuk akrab dengan internet. Oleh sebab itu, akses internet dan teknologi di Indonesia belum merata di semua wilayah. Beberapa anak di berbagai daerah di Indonesia tidak dapat mengakses internet dengan mudah. Mereka harus bersusah payah mencari tempat yang dapat menjangkau internet agar depat melaksanakan sekolah daring.

 

Permasalahan ini muncul dan membuat pemaksaan terhadap pemerintah untuk melakukan pemerataan akses internet keseluruh wilayah. Apabila anak-anak yang sama sekali tidak bisa melakukan akses internet maka dengan terpaksa mengumpulkan tugas sekolah secara offline. Penyebaran virus Corona yang belum berhenti ini menjadikan acuan agar akses internet dan teknologi dapat lebih merata keseluruh penjuru Indonesia.

 

Teknologi yang juga mulai berkembang pesat di masa pendemi ini adalah teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan robot yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan ini. Dengan adanya peraturan pemerintah dalam menjaga jarak atau PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19 maka banyak startup dan periset mencoba bermacam cara untuk berinovasi membuat robot agar bisa mengurangi kontak dengan sesama manusia. Teknologi yang memiliki kegunaan ‘tanpa sentuh’ kini sudah mulai banyak digunakan khususnya di tempat umum.

 

Penggunaan robot di masa pandemi ini semakin masif untuk berbagai keperluan membantu manusia. Salah satu contohnya adalah robot digunakan untuk menyemprotkan desinfektan di ruangan. Robot digunakan untuk untuk membantu memeriksa kondisi pasien. Teknologi Artificial Intelligence pun kian banyak digunakan di masa pandemi. Kecerdasan buatan dipakai untuk membantu banyak hal seperti mendiagnosa penyakit dan membantu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pandemi.

 

Apalagi saat ini akan diperkirakan teknologi 5G akan segera hadir seusai pendemi berlalu. Meski belum jelas pandemi kapan berakhir dan persiapan infrastruktur 5G di Indonesia, teknologi ini menjanjikan banyak sekali yang bisa dimanfaatkan. Memiliki kecepatan hingga 100 kali lipat dengan 4G, teknologi 5G dapat memungkin bekerja secara jarak jauh lebih efisien dan kompeten. Sehingga semakin canggih teknologi sekarang ini ditambah dengan masa pandemi covid 19 ini akan semakin maju karena dominannya seluruh masyarakat Indonesia mau pun publik dunia sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia baik dilokal maaupun luar negeri seperti halnya Handphone android yang sudah sering kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Bahkan sekarang ini juga teknologi-teknologi dapat digunakan dibidang ekonomi kebutuhan hidup masyarakat pertanian pelayanan jasa hingga pertambangan yang dilakukan jarak jauh. Dengan adanya perkembangan teknologi dan masyarakat dapat dengan terbiasa menggunakan teknologi tersebut maka akan lebih mudah dalam menjalani pekerjaan secara jarak jauh.