Panglima TNI Usulkan Kenaikan Tukin hingga 80%, Langkah Strategis untuk Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto, mengadakan pertemuan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas di Jakarta Selatan. Salah satu topik utama pembahasan adalah terkait tunjangan kinerja (tukin) yang diusulkan naik dari 70% menjadi 80%. Agus menyampaikan bahwa untuk mencapai target ini, perlu dilakukan pemangkasan birokrasi sebagai bagian dari reformasi birokrasi (RB).

Jan 13, 2024 - 11:59
 0  15
Panglima TNI Usulkan Kenaikan Tukin hingga 80%, Langkah Strategis untuk Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit
Sumber Foto : https://www.menpan.go.id

"Kami berharap tukin TNI dapat mengalami kenaikan dari 70% menjadi 80%, dengan langkah-langkah pemangkasan birokrasi yang diperlukan untuk mencapai reformasi birokrasi yang diinginkan," ujar Agus.

Pentingnya kenaikan tukin ini untuk mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Upaya ini akan melibatkan satuan-satuan TNI dalam meningkatkan kinerja mereka, mempercepat pembangunan, dan mendukung kesejahteraan masyarakat. Salah satu langkah praktis adalah peningkatan aktivitas belanja TNI melalui e-Katalog.

Selain kenaikan tukin, dalam upaya peningkatan kesejahteraan TNI, pangkat beberapa Marinir Bintang 2 juga akan dinaikkan menjadi Bintang 3. Agus menekankan bahwa evaluasi kinerja akan dilakukan setiap dua tahun, dengan penyesuaian pangkat sesuai kebijakan yang diambil.

Sumber Foto : https://www.menpan.go.id

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mendukung langkah-langkah ini sebagai implementasi amanat Presiden Joko Widodo untuk memastikan bahwa reformasi birokrasi memberikan dampak yang positif. Kenaikan tukin dan pangkat dianggap sebagai upaya konkret untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI.

"Tadi beliau mengusulkan kenaikan tukin dari sisi nilai. Bertahap ini sudah naik (jadi 72%), tinggal sedikit lagi nanti ada kita koordinasi," kata Anas.

Anas juga menyoroti kajian lama terkait kenaikan bintang di Dankorps Marinir, dan menegaskan bahwa evaluasi internal akan terus dilakukan untuk memastikan perbaikan proses bisnis dan kinerja di TNI. Ia menekankan bahwa kenaikan tunjangan RB akan terjadi seiring dengan perbaikan proses bisnis yang terus-menerus.

Sumber Foto : https://www.jakarta365.net

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow