Mitos atau Fakta? Semangka Tidak Boleh Bersamaan Dengan Minum Susu

Mitos atau Fakta? Semangka Tidak Boleh Bersamaan Dengan Minum Susu

Tidak ada larangan khusus konsumsi semangka bersamaan dengan susu, kandungan nutrisi dalam semangka seperti vitamin A, C, B6, Magnesium, Kalium, Beta Karoten, Selenium, Zink dan sebaginya sangat baik fungsinya bagi kesehatan kulit, melebatkan rambut, mencegah pertumbuhan sel kanker, meminimalisasi peradangan, meningkatkan stamina, serta daya tahan tubuh.

Semangka juga mengandung banyak air sehingga berguna dalam melancarkan metabolisme dan mencegah sembelit.

Sedangkan dalam susu juga terkandung banyak nutrisi, seperti kalsium, karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral lainnya yang berguna dalam menjaga kepadatan tulang, memelihara kesehatan otot, menunjang pertumbuhan, menyokong kebutuhan energi, mengoptimalisasi kecerdasan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang perlu mendapat perhatian adalah apabila anda memiliki riwayat gangguan yang berkaitan dengan asam lambung atau disebut juga dengan sindroma dispepsia atau gangguan pencernaan lainnya, misalnya ontoleransi laktosa, malabsorpsi dan sebagainya.

Konsumsi semangka dan susu secara bersamaan pada penderita penyakit ini berisiko lebih tinggi meningkatkan asam lambung, sehingga penderita rentan mengalami mual, muntah, kembung, sesak, perih, panas, melilit, bahkan diare dan konstipasi.

Kondisi tersebut bila muncul dengan intensitas yang berat tentu bisa sangat mengganggu penderitanya. Untuk itu pada penderita penyakit ini disarankan untuk tidak konsumsi semangka dan susu dalam waktu yang berdekatan untuk meminimalisasi resiko keluhan yang mungkin ditimbulkan.