Mengisis Waktu Luang, Bek Kiri Persib Buka Kedai Food Truck

Mengisis Waktu Luang, Bek Kiri Persib Buka Kedai Food Truck

Bek kiri Persib Bandung, Zalnando, memilih menyibukan diri pada masa libur penangguhan kompetisi dengan berbisnis.

Mantan pemain Sriwijaya FC itu baru saja membuka kedai food truck yang menjadikan rendang sebagai menu utamanya. Zalnando mengaku bersyukur karena bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki kedai food truck meski di tengah masa sulit yang diakibatkan wabah virus corona.

Kedai food truck bernama Rendangpedia itu resmi diluncurkan Zalnando pada Minggu (22/11/2020), di area parkir Stadion Siliwangi, Kota bandung.

"Alhamdulillah soft opening berjalan lancar, dan ramai juga tadi. Ada juga beberapa pemain dan pengurus Persib mampir ke sini. Tadi ada Nick (Kuipers), (Abdul) Aziz, Kim (Jeffrey), dokter (Rafi Ghani), dan pengurus Persib lainnya," kata Zalnando kepada wartawan, Senin (23/11/2020.

Dalam memasarkan dagangannya, Zalnando memilih mobil jenis Volkswagen Combi. Pemain berusia 23 tahun itu sengaja memilih VW Combi untuk menambah kesan klasik dalam konsep bisnisnya itu. Alasan lainnya, agar terlihat beda dari konsep foodtruck pada umumnya.

"Awalnya, memang sudah dari dulu suka mobil klasik, Combi juga kan besar. Selain itu, tidak banyak juga yang pakai VW Combi. Jadi biar ada kesan beda dan klasik saja," ucap Zalnando.

Keunikan dari menu rendang yang dijajakan Zalnando adalah akulturasi budaya kuliner lokal dan barat. Rendang yang disajikan dipadukan dengan konsep makanan barat seperti sandwich dan spaghetti.

Respons dari masyarakat pun diakui Zalnando cukup bagus. Dikatakan Zalnando, beberapa menu favorit pelanggan di antara adalah triple tip rendang, sandwich rendang, dan spaghetti rendang.

Zalnando berharap, usaha kuliner yang tengah digelutinya saat ini bisa terus mendapatkan respons positif dari khalayak banyak.

"Untuk menu ada sandwich rendang, aglio olio rendang, spaghetti rendang, kentang goreng rendang sosis, sisanya rendang daging, ayam, jengkol, dan abon," kata Zalnando. "Untuk harga, dari Rp, 20,000 hingga 29,000. Sekarang masih ada promo 20 persen, karena baru buka juga," ujar dia.

Bagi Zalnando, bisnis yang tengah ditekuninya ini menjadi investasi masa depan. Zalnando berharap bisnis tersebut bisa terus dijalankan hingga dia gantung sepatu.

Kedepannya, Zalnando juga ingin membuka restoran untuk menjual produk rendangnya itu. Bahkan, Zalnando juga sudah berpikir untuk mengembangkan produk rendangnya itu menjadi bisnis waralaba.

"Insyaallah, ingin buka outlet. Insyaallah tahun depan. Outlet offline seperti restoran. Kalau food truck hanya bikin satu," kata Zalnando.

"Kalau sudah jadi mau dibikin waralaba juga saat sudah jalan. Tetapi kalau sekarang mah fokus buka cabang saja dulu," tutur dia.

Dalam mengembangkan usahanya, Zalnando juga tak segan untuk berdiskusi dan belajar dari para pemain Persib lainnya yang sudah terlebih dahulu terjun ke dunia bisnis. "Belajar dan sharing-sharing juga sama teman-teman pemain yang sudah lebih dulu menjalani usaha. Seperti Kim, Aziz, dan Nick," ucap Zalnando.