Kim Jong-un Dikabarkan Koma, Sebagian Kekuasaan Telah Diberikan Ke Adik Perempuannya

Kim Jong-un Dikabarkan Koma, Sebagian Kekuasaan Telah Diberikan Ke Adik Perempuannya
Images Credit : Asianews.press

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan koma. Sebagian kekuasaannya telah diberikan kepada adik perempuannya, Kim Yo-jong.

Mengutip New York Post, informasi ini disampaikan mantan penasehat kepresidenan Korea Selatan di era kepemimpinan Kim Dae-jung, Chang Song-min.

"Saya menilai dia (Kim Jong-un) sedang koma, tapi hidupnya belum berakhir," kata Chang kepada media Korea Selatan. Yonhap.

Chang menambahkan bahwa adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, siap membantu memimpin negara.

"Struktur pemerintahan lengkap belum terbentuk, jadi Kim Yo-jong dikedepankan karena kekosongan tidak dapat dipertahankan untuk waktu yang lama," katanya.

Chang menyebut bahwa saudara kandung Kim Jong-un berusia 33 tahun itu secara de facto merupakan orang nomor dua paling berkuasa di Korut.

Dalam pertemuan tertutup dengan anggota parlemen, Badan Intelijen Nasional mengatakan peralihan kekuasaan sebagian bertujuan untuk "meredakan stres (Kim) dari pemerintahannya dan menghindari kesalahan jika terjadi kegagalan kebijakan," lapor Kantor BeritaYonhap.

"Kim Yo-jong, Wakil Direktur Departemen Pertama dari Komite Pusat Partai Pekerja, mengarahkan urusan negara secara keseluruhan berdasarkan delegasi," kata Yonhap.

Pada April, beredar kabar bahwa Kim Jong-un telah menjalani operasi jantung setelah dia tidak terlihat di depan umum selama hampir tiga minggu.

Artikel ini telah tayang di Kumparan.com