Jokowi Berangkat ke Vietnam Setelah Diplomasi di Filipina: Perjalanan Kunker yang Berkesan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyelesaikan rangkaian kunjungan kerjanya di Filipina dan kini melanjutkan perjalanan ke Vietnam. Pada Kamis, 11 Januari 2024, sekitar pukul 13.00 waktu setempat, Jokowi bersama delegasi terbatas berangkat dari Colonel Jesus Villamor Air Base, Manila, Filipina.

Jan 12, 2024 - 13:28
 0  16
Jokowi Berangkat ke Vietnam Setelah Diplomasi di Filipina: Perjalanan Kunker yang Berkesan
Sumber Foto : https://asset-2.tstatic.net/

Dalam perjalanan ini, Jokowi diberangkatkan dengan penuh kehormatan oleh sejumlah pejabat Filipina, termasuk Menteri Sekretaris Kabinet Filipina Carlito Galvez, Wali Kota Pasay City Imelda Calixto-Rubiano, Duta Besar Filipina untuk Indonesia Gina Jamoralin, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo beserta istri. Pergeseran ini terjadi setelah Jokowi menghadiri sejumlah acara, termasuk acara kenegaraan bersama Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Malacanang Palace pada Rabu (10/1).

Sumber Foto : https://setkab.go.id/

Hari ini, Jokowi menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Transportasi Filipina Jaime Bautista dan Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Eduardo Gerardo C Teodoro Jr. Dalam pertemuan dengan Menteri Transportasi, Jokowi menyampaikan apresiasi atas dukungan Departemen Transportasi Filipina terhadap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia.

"Saya patut bersyukur karena BUMN kita, yaitu PT PP dan PT Adhi Karya berhasil mendapatkan dua kontrak kerja sama melalui lelang senilai Rp 8,5 triliun," ujar Jokowi.

Dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Filipina, Jokowi menyatakan bahwa Filipina mengapresiasi dan merasa puas dengan produk industri pertahanan Indonesia. Jokowi berharap kerja sama ini dapat terus berkembang di negara lain.

Sumber Foto : https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/

"Saya yakin BUMN-BUMN Indonesia, baik di sektor karya-karya maupun pertahanan, akan mampu bersaing di kancah internasional, di kancah global. Dan saya harap ini dapat terus dikembangkan dan kita harapkan tidak hanya di Filipina tapi juga di negara-negara lain," tutur Jokowi.

Jokowi dalam penerbangan ke Vietnam didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Sekretaris Militer, Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin serta Komandan Paspampres Mayjen TNI Achirudin. Langkah ini menegaskan komitmen Indonesia dalam menjalin hubungan baik dan kerja sama yang erat dengan negara-negara tetangga di kawasan.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow