Gunung Marapi Erupsi, 24 Keluarga Mengungsi di Tanah Datar, Sumatera Barat

Sejak Rabu (10/1/2024), erupsi Gunung Marapi di Tanah Datar, Sumatera Barat, telah memaksa 24 kepala keluarga (KK) atau sekitar 68 orang untuk mengungsi. Imbauan Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengenai peningkatan status gunung menjadi Level Siaga memicu evakuasi warga yang tinggal di radius 4,5 kilometer dari kawah Marapi.

Jan 12, 2024 - 13:17
 0  19
Gunung Marapi Erupsi, 24 Keluarga Mengungsi di Tanah Datar, Sumatera Barat
Sumber Foto : https://static.promediateknologi.id/

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, menyatakan bahwa musala di luar radius 4,5 kilometer menjadi tempat evakuasi sementara bagi warga yang merasa terancam. "Sebanyak 24 KK atau 68 orang mengungsi karena takut dengan erupsi Marapi. Mereka tinggal di dekat radius 4,5 kilometer dari kawah," ujar Eka Putra dalam wawancara dengan Kompas.com pada Jumat (12/1/2024).

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar telah merespons cepat dengan mengirimkan bantuan sementara untuk para pengungsi. Bantuan tersebut mencakup 100 kg beras, 15 dus mie instan, 20 liter minyak goreng, dan 14 karton telur. "Kita sudah kirim bantuan melalui Dinas Sosial. Ini bantuan sementara," jelas Eka Putra.

Sumber Foto : https://cdns.klimg.com

Eka menambahkan bahwa warga yang mengungsi merasa ketakutan karena aktivitas terus-menerus dari Gunung Marapi, terutama suara gemuruh yang terdengar. "Warga takut karena Marapi terus erupsi dan mengeluarkan suara gemuruh. Jadi mengungsi dulu," ungkap Eka Putra.

Sebelumnya, Gunung Marapi telah mengalami peningkatan status dari waspada Level II menjadi siaga Level III. Situasi ini menandakan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bahaya erupsi gunung yang dapat membahayakan keselamatan.

Sumber Foto : https://thumb.viva.co.id

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow