Geser Aspal Minyak, Permendagri Penggunaan Aspal Buton Keluar

Geser Aspal Minyak, Permendagri Penggunaan Aspal Buton Keluar

Upaya pemerintah daerah (pemda) Buton untuk menjadikan Aspal Buton sebagai tuan rumah dinegeri sendiri, akhirnya di akomodir. Melalui perjuangan panjang, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) akhirnya keluar.

"alhamduilillah, Lobi-lobi PEMDA Buton untuk menjadikan Aspal Buton sebagai tuan rumah di negeri sendiri akhirnya diakomodir pemerintah pusat," tulis bupati Buton, Drs La Bakry dalam akun Facebooknya, Senin (24/08/2020)

Penggunaan Aspal Buton diatur melalui Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021. Seluruh daerah di Indonesia diharuskan untuk mengutamakan penggunaan Aspal Buton dalam pembangunan dan atau pemeliharaan jalan menggantikan aspal minyak.

Dikatakan La Bakry, menjadi tantangan semua pihak saat ini adalah bagaimana menjawab keharusan pengguanaan penggunaan Aspal Buton itu. Pasalnya, ini merupakan tantangan besar bagi seluruh pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk segera meningkatkan produksi sesuai dengan kebutuhan aspal secara nasional.

Menutur La Bakry, jika kapasitas produksi aspal sudah ditingkatkan, maka serapan tenaga kerja akan berjalan dengan sendirinya. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya pendapatan masyarakan dan memacu pertumbuhan ekonomi.

"Jika ekonomi sudah tumbuh cepat, maka tentu Pendapatan Asli Daerah (PAD) akan ikut terdongkrak. Dari PAD ini kemudian akan diputar kembali ke masyarakat juga," tutupnya.