Dua bulan setelah diluncurkan, pendapatan "Genshin Impact" mencapai 5,5 triliun rupiah

Dua bulan setelah diluncurkan, pendapatan

Sejak dirilis pada September 2020, role-playing game (RPG) Genshin Impact telah berkembang. Bukan hanya jumlah pemainnya, tapi juga pendapatannya.

Menurut data perusahaan riset Sensor Tower, game MiHoYo ini menghasilkan US $ 393 juta (sekitar Rp 5,5 triliun) dari belanja pemain global dalam waktu dua bulan setelah dirilis.

Total pendapatan dalam dua bulan terakhir masih lebih tinggi dari pendapatan PUBG Mobile di periode yang sama. Tingkat pendapatan setinggi itu tidak bisa dibandingkan dengan pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah bermain game, termasuk Genshin Impact. Menurut laporan, pendapatan Genshin Impact mencapai US $ 245 juta pada bulan pertama setelah didirikan, atau sekitar 3,4 triliun rupiah. Jumlah ini melebihi pendapatan beberapa game populer (seperti PUBG Mobile).

Randy Nelson, Head of Mobile Insight Sensor Tower, mengatakan berkat strategi pemasarannya, popularitas Genshin Impact juga berkembang pesat, dan didukung oleh tampilan yang sangat baik. Nielsen mengatakan: “Faktanya, tidak ada game mobile serupa lainnya, baik secara visual maupun dalam game.” Nielsen juga mengatakan bahwa “True Impact” telah menarik perhatian fans sejak dikembangkan.

Apalagi game ini dikembangkan oleh developer sebesar MiHoYo. Nelson menambahkan: "Kombinasi publisitas dan nilai produksi benar-benar membuatnya tidak dapat dilewatkan dan populer di kalangan komunitas gamer hardcore.

" Genshin Impact juga merupakan salah satu game seluler tercepat yang dapat mengumpulkan banyak pendapatan secara global. Dibandingkan dengan game lain, pencapaiannya bahkan tergolong cepat.

Meski begitu, pencapaian King of Honor Game masih lebih tinggi. Dihimpun KompasTekno dari Venture Beat, game besutan Tencent ini memiliki pendapatan sebesar US $ 467 juta (sekitar Rp6,6 triliun) (sekitar Rp6,6 triliun) (12 Maret 2020).

Dalam laporan Sensor Tower, China dikenal sebagai pasar terbesar Genshin Impact. Menurut laporan, negara tirai bambu menyumbang 120 juta dolar AS (sekitar 1,7 triliun rupiah), menyumbang 30,5% dari total pendapatan.

Pasar terbesar kedua Genshin Impact adalah Jepang, yang menyumbang 25% dari pendapatan, atau US $ 98 juta (sekitar Rp 1,3 triliun).

Amerika Serikat adalah pasar terbesar ketiga, terhitung 74 juta dolar AS (sekitar 1 triliun rupiah) dan 18,8% dari total pendapatan.

Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar pendapatan Genshin Impact berasal dari toko aplikasi App Store (iOS) senilai US $ 226 juta atau sekitar 3,2 triliun rupiah (57,5%).

Genshin Impact dapat digunakan di berbagai platform PC, PS4, Android dan iOS, dan mendukung fungsi cross-play.

Bagi Anda yang tertarik, Anda dapat mengunduh Genshin Impact di tautan versi Android di bawah ini.

Pengguna perangkat iOS juga dapat mengunduh game melalui tautan di bawah ini. Pada saat yang sama, versi PC dan PS4 dapat ditemukan di tautan di bawah ini.