Dandim 1412/Kolaka Hadiri Apel Dansat TNI AD Tahun 2022 di Magelang

Dandim 1412/Kolaka Hadiri Apel Dansat TNI AD Tahun 2022 di Magelang

Magelang - Komandan Kodim (Dandim) 1412/Kolaka Letkol Inf Paruhum Siregar, S.I.P.,M.Si ,mengikuti Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD TA. 2022 yang berlangsung di Gor Soeroto Markas Akademi Militer (Akmil) Magelang, Kamis (23/06/2022).

Apel Dansat ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrachman, S.E., M.M. didampingi oleh para pejabat utama TNI Angkatat Darat. 

Apel yang digelar selama dua hari (23-24 Juni 2022) dan diikuti oleh 747 peserta terdiri Danrem, Dandim, Aster Kotama dan Balakpus, Dansat, Dan Lemdik, dari Kodam XIV/Hasanuddin sendiri sebanyak 46 orang yakni 3 orang pejabat Asisten dan 43 orang para pejabat Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam Hasanuddin. 

Hal ini dijelaskan Komandan Kodim (Dandim) 1412 Kolaka Letkol INF Paruhum Siregar S.I.P.,M.Si disela-sela kegiatan Apel Dansat di Magelang.

"Kegiatan Apel Dansat ini bertujuan untuk menyamakan pola pikir antara pimpinan dengan anggota guna meningkatkan efektivitas dan produktivitas kinerja satuan serta peningkatan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat,"Ucap Dandim.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr.Dudung Abdurrachman,S.E., M.M.mengatakan bahwa semua jabatan adalah anugerah dari Tuhan YME yang senantiasa menjadi misteri, tidak ada satupun manusia yang mengetahui apa yang akan terjadi. 

“Pemimpin itu bukan hanya status, tetapi merupakan amanah dari Tuhan YME yang dilengkapi dengan pengikut melainkan bukan bawahan. Mendapat amanah jabatan juga bukan harus merubah sikap ataupun gaya hidup, melainkan sebagai seorang pemimpin harus mempunyai karakter, moral maupun beretika yang baik,” Jelas Kasad. 

“Dansat harus memiliki kapabilitas dan berkarakter. Memahami level kepemimpinan jabatan dan luwes dalam bergaul agar memiliki kawan yang potensial untuk bisa membantu memberikan dukungan,” Sambungnya. 

"Kehadiran Dansat juga harus bermanfaat bagi satuan dan masyarakat sekitarnya. Tidak mengambil hak prajurit, hidup sederhana serta termotivasi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota," Tambahnya. 

Pada kegiatan ini beberapa petinggi negara memberikan pengarahan melalui vidcon, di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menkopolhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, serta Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dan Mendagri Tito Karnavian.