Dandim 1412 Kolaka Ziarah ke Makam Raja Sangia Nibandera ke VIII

Dandim 1412 Kolaka Ziarah ke Makam Raja Sangia Nibandera ke VIII

KOLAKA- Komandan Kodim 1412 Kolaka(Dandim) Letkol INF Paruhum Siregar S.I.P.,M.Si didampingi Kasdim Mayor Inf Mar Kamran beserta Perwira Staf dan Danramil melaksanakan Ziarah di Taman Makam Raja Mekongga ke di Kelurahan Wundulako Kec Wundulako Kabupaten Kolaka Kamis (01/09/2022). 

Makam Raja Sangia Nibandera atau yang lebih kenal Raja Mekongga yang terletak di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Bagi warga Kolaka dan sekitarnya, menjadikan makam tersebut sebagai tempat wisata religi. Pasalnya, Raja Sangia Nibandera ini adalah raja pertama bagi Suku Mekongga (suku asli Kolaka) yang memeluk agama Islam serta menyebarluaskan agama Islam di tanah Kolaka, dan Usia makam raja tersebut diperkirakan sekitar 300 tahun.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1412 Kolaka Letkol INF Paruhum Siregar SI.P.,M.Si bersama perwira staf dan Danramil melaksanakan Doa bersama.

Disela-sela kegiatan tersebut Dandim Kolaka mengatakan, ziarah ke makam Raja ini adalah sebagai bentuk peduli dan mengenang kepemimpinan beliau disaat berkuasa di tanah Kolaka, meski demikian kita sebagai anak cucu sekaligus generasi penerus wajib untuk menjaga dan memelihara makam ini, sebagai situs sejarah dan ungkapan terimakasih kita kepada beliau yang telah menjaga rakyatnya dimasa lalu.

Dandim Kolaka menambahkan, Melalui kegiatan Ziarah ini diharapkan sebagai generasi penerus bangsa tidak melupakan sejarah, karena Bangsa dan Negara ini berdiri tidak lepas dari sejarah panjang perjuangan para Pendahulu kita.

"Untuk itu, Kita wajib mengajak anak cucu generasi penerus untuk mau tau tentang makam ini sekaligus sejarahnya. Kendati demikian kita juga harus mengajak generasi penerus untuk tetap mengikuti perkembangan zaman". Kata Dandim.