Capaian Gemilang Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Pattimura Meraih Predikat WBK Tahun 2023 dalam Acara Apresiasi SAKIP, RB, dan ZI

Komandan Resor Militer (Rindam) XVI/Pattimura, Kolonel Inf Saut Edward Tampubolon, turut serta dalam Acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023.

Dec 6, 2023 - 17:05
Dec 8, 2023 - 02:38
 1  568
Capaian Gemilang Resimen Induk Kodam (Rindam) XVI/Pattimura Meraih Predikat WBK Tahun 2023 dalam Acara Apresiasi SAKIP, RB, dan ZI

Bali, 6 Desember 2023 - Komandan Resor Militer (Rindam) XVI/Pattimura, Kolonel Inf Saut Edward Tampubolon, turut serta dalam Acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023. Kegiatan ini digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Bali, pada Rabu (06/12/2023).

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, termasuk Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian, Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan Ketua KPK Nawawi Pomolango.

Selain itu, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, M. Nasir, Robikin Emhas, Zumrotul Mukaffa, dan Arif Rahmansyah Marbun.

Dalam rangkaian acara tersebut, 85 unit kerja berhasil memperoleh predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), sedangkan 24 unit kerja meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Keberhasilan ini juga diraih oleh empat instansi terbaik, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Tentara Nasional Indonesia.

Delapan Satuan Kerja (Satker) Mabes TNI yang turut meraih predikat WBK tahun 2023 dan hadir dalam acara ini meliputi:

  1. Divisi Infanteri 2 Kostrad
  2. Rumah Sakit Tk. II Pelamonia Kodam XIV/Hasanudin
  3. Akademi Militer
  4. Resor Militer (Rindam) XVI/Pattimura
  5. Pusat Kavaleri (Pussenkav)
  6. Komando Resort Militer (Korem) 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya
  7. Korem 073/Mkt Kodam IV/Diponegoro
  8. Menara Pertahanan Udara-1/F Kodam Jaya.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya capaian tersebut sebagai motivasi untuk terus melakukan perbaikan. "Berbagai kebijakan strategis reformasi birokrasi dan manajemen aparatur sipil negara harus dijalankan berkelanjutan, masif, serentak, tidak hanya di pusat, tetapi juga di daerah," tegas Wapres.

Sebelumnya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas berharap agar rangkaian acara RB Xperience tidak hanya menjadi seremoni, melainkan juga menghasilkan manfaat nyata bagi bangsa dan masyarakat. Acara ini diharapkan menjadi momentum untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan integritas birokrasi di Indonesia.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow