Bersama melastarikan alam dan lingkungan kita

Bersama melastarikan alam dan lingkungan kita

Dalam melelestarikan alam kita hadir untuk mencoba mengurangi kerusakan  lingkungan yang terjadi sekarang di  negara   kita, sebagai generasi penerus bangsa kedepan kita, solusi menuju masa depan yang inda  lebih baik. Lingkungan hidup di negara ini telah mengalami kerusakan  yang di tandai dengan penurunan fungsi lingkungan itu sendiri hingga tak berjalan secara semestinya. Berbagai permasalahan kronis timbul karena faktor kelalain kita sendiri , menurunnya kualitas udara,sehingga minimnya area resapan air hingga tingginya angka kerusakan alam di hampir semua kota besar yang ada di Indonesia saat ini.

 

Pelestarian alam dan ingkungan saatini yang berarti tetap seperti keadaan semula,memang bukan hal yang mudah bagi kita.  Harus melalui tahapan   proses, cara, untuk  melestarikan, alam sehingga perlindungan alam dari kemusnahan dan kerusakan, yang terjadi. Sedangkan alam adalah  sesuatu yang ada di bumi, yang sangat indah untuk itu kita harus Bersama sama untuk melestarikan alam kita.

 

Karna Lingkungan alam sendiri memiliki  unsur hayati (Biotik), unsur lingkungan mempunyai sosial budaya dan unsur fisik (Abiotik).  dengansering berjalannya waktu, kerusakan alam sudah menjadi gejala sosial dan fenomena yang sangat mengkhawatirkan.untuk saat ini ,

 

Adanya penyebab kerusakan lingkungan hidup

 

a. Faktor Alam

 

Bencana alam menjadi penyebab salah satu rusaknya lingkungan hidup yang tak bisa di tebak. Karana di Indonesia sendiri sering  mengalami bencana alam  seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, angina putting beliung  sehingga merusak alam dan Gedung Gedung atau bangunan rumah, dan  gunung meletus, gempa bumi serta tsunami.  Sehingga Kejadian-kejadian ini merupakan fenomena alam dan  sering tak terduga. Sehingga  Upaya yang bisa dilakukan saat ini diantaranya adalah pelestarian tanah seperti mengadakan pencegahan seperti (penghijauan kembali)dan penanaman pohon di sekitar rumah untuk, menghindari kerusan yang terjadi, dan , larangan penebangan hutan liar,  dan masih banyak yang lainnya.

 

 

 

b. Faktor sengaja atau  ulah manusia

 

Manusia memiliki kelebihannya dari makhluk yang lain senantiasa selalu berkembang  pola kehidupan yang sederhana untuk melangkah lebih  maju ke tahap yang bisa dibilang  modern. Dengan alasan ingin meningkatan  hidup mereka , manusia sering memikirkan  kekayaan alam secara berlebihan tanpa memperhatikan kerusakan yang akan terjadi kedapannya oleh akibatnya sering terjadi penurunan fungsi alam sebagai penyangga utama kehidupan manusia dan mahluk hidup yang ada di dunia ini.

 

Ada beberapa kerusakan lingkungan yang terjdi karna  diakibatkan oleh tindakan yang  manusia lakukan adalah terjadinya banjir akibat buang sampah sembarangan,dan sistem drainase jua buruk sehingga mengakibatkan . Terjadinya pencemaran baik pencemaran air, udara, tanah dan pabrik atau industri juga bisa  membuat alam menjadi rusak, kebakaran hutan, pemburuan liar, serta sumber daya alam dengan berlebihan juga merupakan beberapa jens  kerusakan yang disebabkan karena kesengajaan manusia.

 

 

 

Contoh  kecil yang dapat kita lakukan adalah mendukung Pelestarian Alam saat ini

 

- Membuang sampah pada tempatnya

- membuang sampah berdasarkan jenisnya

- menggunakan transportasi yang ramah lingkungan

- jangan merusak ekosistem alam

-  mengurangi pengguanaan kantong plasik

-harus kebersihan lingkungan di sekeliling kita

- menghemat penggunaan air

- Menanam pohon baik melalui Pot atau di halaman rumah .  menggunakan pupuk kandang yang baik

- menjaga kebersihan selokan atau gorong gorong

 

 

 Ini merupakan beberapa upaya kecil untuk menjaga lingkuan dan alam,  sehingga kita juga  harus kembalikan kepada semua masyarakat terkait menjaga lingkunagn kita dan utamanya yang mempunyai wewenang di bidangnya .dan  Sebagai masyarakat, kita  juga harus berpartisipasi untuk mendukung semua program pemerintah yang telah di rencanakan. Mari mulai perubahan i dari diri kita pribadi dan keluarga serta dari hal-hal terkecil di sekitar kita.

 

sehingga mewujutkan pelestarian alam yang baik dan lestarikan alam ini harus mebutuhkan kerja sama yang baik dari setiap orang .dan harus saling mengingatkan antar sesama baik secara langsung atau tidak langsung, agar orang orang disekitar kita bisa menjaga lingkungan alam di sekeliling kita .

 

Hal tersebut sebagai bentuk nyata agar bumi yang kita tinggal ini bisa tetap indah ,lestari dan nyaman  untuk tinggali gnerasi kita kedepannya UNTUK INDOESIA LEBIH MAJU