Berjalan Pagi dan Gula Darah: Apakah Ada Hubungannya? Ini Penjelasannya

Olahraga rutin memang memiliki peran penting dalam mengelola kadar gula darah, dan salah satu pilihan yang mudah diakses adalah berjalan pagi. Apakah benar jalan pagi bisa menurunkan gula darah? Jawabannya ternyata iya, dan berikut penjelasannya.

Jan 12, 2024 - 13:57
 0  43
Berjalan Pagi dan Gula Darah: Apakah Ada Hubungannya? Ini Penjelasannya
Sumber Foto : https://media.kompas.tv

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setidaknya selama 30 menit setiap hari, terutama di pagi hari, dapat efektif menurunkan gula darah tinggi. Aktivitas fisik ini berkontribusi pada peningkatan sensitivitas insulin, yang mana membantu tubuh dalam mengelola gula darah dengan lebih efisien.

Jalan pagi selama dua menit setelah sarapan dapat memiliki dampak positif pada kesehatan jantung, kadar insulin, dan gula darah. Dalam sebuah studi, terungkap bahwa jalan kaki yang dilakukan setelah makan pagi dapat mengurangi risiko resistensi insulin, yang sering terkait dengan diabetes tipe 2.

Sumber Foto : https://asset.kompas.com

Kadar gula darah cenderung meningkat setelah makan, dan jalan pagi membantu tubuh dalam menggunakan gula darah tersebut sebagai sumber energi, mencegah lonjakan yang berlebihan. Oleh karena itu, kegiatan sederhana seperti berjalan kaki setelah sarapan bisa menjadi kebiasaan yang bermanfaat untuk mengatasi gula darah tinggi.

Namun, penting untuk diingat bahwa konsistensi dan durasi berjalan kaki juga memiliki peran signifikan. Disarankan untuk berjalan kaki selama 60-90 menit setelah makan, atau setidaknya 20-30 menit setiap hari. Jika sulit untuk menyediakan waktu dalam satu sesi, Anda dapat membagi durasi berjalan menjadi beberapa kali dalam seminggu.

Sumber Foto : https://asset-2.tstatic.net/

Selain jalan pagi, ada beberapa cara alami lainnya untuk menurunkan kadar gula darah, seperti berolahraga teratur, membatasi asupan karbohidrat, dan menjaga berat badan ideal. Mengombinasikan berbagai strategi ini dapat memberikan manfaat maksimal untuk kesehatan gula darah Anda.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum memulai atau mengubah program olahraga, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Semoga informasi ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan gula darah Anda.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow