10 Pelatihan Bulu Tangkis menerima beasiswa dari Telkom

10 Pelatihan Bulu Tangkis menerima beasiswa dari Telkom

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus melanjutkan kontribusi terbaik bagi Indonesia, salah satunya di sektor olahraga bulu tangkis. Melalui layanan fixed broadband IndiHome, Telkom menggandeng atlet Marcus Fernaldi Gideon dalam gelaran program IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA).

Program tersebut diadakan oleh Telkom Regional 2, yang menyediakan fasilitas untuk para generasi muda berusia maksimal 15 tahun yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan Banten untuk mengembangkan minat dan bakat pada olahraga badminton. Masyarakat pun menyambut positif inisiatif itu. Sejak pendaftaran dibuka pada 30 Desember 2020 sampai 24 Januari 2021 silam, lebih dari 400 peserta antusias mendaftarkan diri.

Direktur Consumer Service Telkom Venusiana mengatakan, proses seleksi diadakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan secara virtual, di mana Telkom menyeleksi dari video berdurasi lima menit yang menampilkan pendaftar memperagakan gerakan smashbackhandforehand, sampai servis. Selain itu, peserta juga menceritakan motivasi mengikuti IGBA di depan kamera.

 

Venusiana menyatakan, 10 pemenang terpilih tersebut akan mendapat dukungan penuh dari IndiHome, berupa biaya pendidikan badminton selama satu tahun disertai penunjang kehidupan pribadi. Peserta juga berhak memperoleh pendampingan dan pelatihan eksklusif dari para atlet profesional di Gideon Badminton Hall di Ciangsana, Bogor, Jawa Barat.25 orang peserta kemudian diseleksi langsung secara fisik di babak semifinal oleh para juri yang terdiri dari atlet badminton profesional, seperti Kurniahu Gideon, Markis Kido, dan Marcus Fernaldi Gideon dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Seleksi itu menetapkan 10 orang peserta terbaik di babak final.

"Hal ini sebagai upaya untuk membangkitkan semangat maju terus bersama IndiHome bagi generasi muda, khususnya calon atlet muda badminton Indonesia. Harapannya, bersama IndiHome sebagai internet cepat, mereka bisa maju terus dalam mengembangkan kemampuan diri, baik dari sisi akademis maupun non akademis, serta dapat mengekspresikan diri demi mewujudkan masa depan negara yang lebih baik," papar Venusiana saat menghadiri puncak acara IndiHome Gideon Badminton Academy di Bogor pada Jumat (5/2).

TelkomMelalui layanan fixed broadband IndiHome, Telkom menggelar program IndiHome Gideon Badminton Academy (IGBA). (Foto: Arsip Telkom)

Dijelaskan, rangkaian seleksi final IGBA dilaksanakan pada 1 sampai 5 Februari 2021 dalam dua sesi setiap hari. Sesi pagi dimulai pukul 09.00-12.00 WIB dan sesi sore dimulai pukul 15.00-17.00 WIB di Gideon Badminton Hall. Para finalis dipilih bukan hanya berdasarkan kecakapan teknik badminton, namun juga karena ketangguhan atau endurance peserta, yang seluruhnya merupakan komponen penting dalam pembentukan karakter seorang atlet badminton.

Kesepuluh penerima beasiswa IGBA terdiri dari enam laki-laki dan empat perempuan. Mereka adalah Neuro Ean Jogie Sinaga (9), Juan Asher Heriawan (11), Christian Noeya (12), Hafizidane Abdullah (13), Kevin Ferdian Santoso (15), Muhamad Ibrahimnauvic Rizqi Sopyan (15), Ketty Rudianto (12), Citra Dwi Lestari (12), Malyaraisa Andaradigdo (13), dan Ardini Cantika Putri (15).

Selain sesi pengumuman 10 finalis terpilih, pada puncak acara ini diberikan pula apresiasi bagi ke-25 peserta yang berhasil mencapai tahapan seleksi fisik, sebelum kemudian dilanjutkan dengan sesi friendly match antara pihak Gideon Academy, IndiHome, dan perwakilan peserta.

"Apresiasi ini diberikan kepada seluruh peserta yang hadir dengan harapan untuk tetap selalu mengembangkan potensinya dengan berbagai kesempatan yang ada serta latihan secara tekun di luar IndiHome Gideon Badminton Academy, dengan memanfaatkan hadirnya jaringan internet andal IndiHome dalam menggali informasi pengembangan skill tanpa batas," kata Teuku Muda Nanta selaku Executive Vice President Telkom Regional 2.